Marketplace-lending

Cari Tahu Manfaat Aplikasi Mobile untuk Kehidupan Sehari-Hari

visibility 2689

Ibarat kata, zaman sekarang ini kebutuhan pokok manusia jadi bertambah satu. Selain ada kebutuhan pangan, sandang, dan papan, ada lagi kebutuhan pokok manusia yaitu internet. Ya, internet memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang ini. Mau berkomunikasi saja harus pakai internet, mau belajar butuh internet, mau cari hiburan juga butuh internet. Tercatat pada tahun 2019, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta jiwa atau sekitar 64,8% dari total penduduk Indonesia. Penggunaan internet secara masif ini yang kemudian memicu kemunculan beragam perusahaan teknologi yang memproduksi aplikasi-aplikasi mobile untuk memudahkan manusia menjalani aktivitas sehari-hari. Aplikasi tersebut nantinya bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan dengan cara mengunduh melalui Apple App Store atau Google Play Store.

Aplikasi mobile ini tidak selamanya negatif dan bikin keranjingan, kok. Jika mampu menggunakannya dengan bijak, banyak manfaat yang bisa dituai terutama untuk memudahkan kegiatan harian. Mari simak ulasan Investree berikut ini!

Membangun jaringan sosial dan komunikasi

Pasti Anda sudah tidak asing dengan aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn. Aplikasi tersebut memudahkan siapa saja untuk bisa terhubung meski berbeda kota, sekali pun berbeda negara. Jaringan sosial semakin mudah terbentuk untuk saling berbagi informasi, pengalaman, dan lain sebagainya. Bahkan dengan jaringan sosial yang tercipta tersebut, media sosial bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang murah dan efektif. Misalkan aplikasi WhatsApp dapat memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi, tanpa takut adanya biaya roaming bila harus berbeda negara. Semua bisa dilakukan secara gratis dengan hanya terhubung pada internet dan memiliki aplikasi tersebut. Sebab komunikasi yang lancar dapat mempererat hubungan antar manusia, membantu menyelesaikan masalah, dan meminimalisasi hambatan dalam bersosialisasi.

Memudahkan bisnis dan pemenuhan kebutuhan

Saat ini orang tergila-gila dengan kata “belanja” dan aplikasi e-commerce membantu mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan akan kegiatan tersebut, apapun jenis barangnya. Sebut saja aplikasi Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, nama-nama e-commerce yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Beragam kebutuhan mulai dari fashion, gadget, hingga sembako Anda temukan dengan mudah pada aplikasi tersebut. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang menjual bahan-bahan kebutuhan pangan yang bisa langsung diantar ke rumah Anda, seperti TaniHub, Sayurbox, atau HappyFresh yang menjual stok pangan hasil produksi petani. Ini tentu akan memudahkan Anda dan lebih menghemat waktu.

E-commerce tidak hanya sekadar untuk menjalankan aktivitas jual beli produk secara online, namun juga mencakup seluruh proses pengembangan bisnis, pemasaran, pengiriman, hingga pembayaran online untuk setiap produk atau layanan yang ditawarkannya. Sehingga membantu siapa pun untuk bisa berjualan, menjalankan bisnisnya sendiri, dan meraup keuntungan dari kehadiran e-commerce tersebut. Tanpa membutuhkan sewa tempat untuk berjualan, pegawai pemasaran, hingga proses yang panjang, Anda bisa membuka sebuah bisnis melalui aplikasi e-commerce. Semua telah tersedia di dalamnya, sehingga penjual dan pembeli di mana pun mereka berada bisa terhubung dalam satu aplikasi yang sama.

Memenuhi tujuan finansial dan masa depan Anda

Kini, mencapai tujuan keuangan dan mempersiapkan masa depan Anda bukan lagi hal sulit. Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan aplikasi mobile jenis ini. Salah satunya aplikasi Investree for Lender yang dirancang khusus oleh pionir marketplace lending di Indonesia, Investree, untuk memudahkan para Pemberi Pinjaman atau Lender untuk memilih pinjaman, mendanai, dan memantau pendanaannya dalam genggaman. Sederhananya, Lender dapat melakukan aktivitas pendanaan di mana saja dan kapan saja secara online. Tinggal unduh di Apple App Store atau Google Play Store. Selain berguna untuk meraih lebih banyak keuntungan dan mendiversifikasikan portofolio, aplikasi seperti Investree for Lender juga bermanfaat untuk merancang masa depan karena termasuk dalam kegiatan investasi jangka pendek. Bila dilakukan secara rutin dan terus menerus, untungnya bisa untuk waktu yang akan datang. Dalam memilih aplikasi-aplikasi keuangan, yang paling penting adalah sudah berstatus “Terdaftar dan Diawasi” atau lebih bagus lagi “Berizin dan Diawasi” oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Investree. Dijamin aman dan nyaman.

Penyedia sarana hiburan dan gaya hidup

Aplikasi mobile tidak hanya dapat digunakan untuk tujuan komunikasi dan mengembangkan bisnis, namun ada banyak aplikasi yang gunanya sebagai sarana hiburan dan gaya hidup. Sebut saja ada aplikasi video, musik, olahraga, membaca, dan semuanya tersedia untuk dinikmati oleh pengguna. Seperti ada aplikasi Youtube, Netflix, Spotify, atau Amazon Kindle yang sudah tidak asing lagi di kehidupan Anda sehari-hari. Aplikasi tersebut bisa membuat Anda betah berlama-lama mengaksesnya tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan ongkos untuk transportasi demi mendapat akses hiburan. Hanya perlu sambungan internet semuanya jadi lebih mudah dan murah. Banyak orang sekarang juga lebih suka membaca buku di ponsel mereka dalam bentuk e-book karena jauh lebih mudah untuk melakukannya daripada harus membawa buku edisi cetak ke mana-mana. Aplikasi mobile membuatnya jadi lebih simpel sehingga tidak merepotkan penggunanya. Bahkan beberapa aplikasi di atas bisa memberi Anda sumber penghasilan tambahan, lho. Kalau dimanfaatkan dengan baik pasti menguntungkan.

Mengorganisasi kehidupan

Fakta sederhananya, ponsel telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan kita dan sebagian besar disebabkan oleh kehadiran aplikasi di dalam ponsel. Sebut saja banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mencatat hal-hal penting seperti pengeluaran, membuat anggaran bulanan, dan memo tentang proyek penting yang sedang Anda kerjakan, semuanya sekarang bisa dilakukan menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Ketimbang harus membawa buku catatan dan pulpen ke mana-mana akan jadi lebih ribet dan khawatir lupa. Jadwal kerja, rapat, dan sebagainya bisa Anda masukkan ke dalam notifikasi pemberitahuan agar tidak kelewatan sehingga dapat membuat hidup jadi lebih efisien dan efektif.

Selain itu, aplikasi pencatatan juga bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis, seperti mempermudah Anda membuat arus kas keuangan bisnis, stok barang, hingga perhitungan pajak perusahaan. Hitung-hitung mengurangi tenaga pekerja yang bertugas mengurusi hal tersebut. Lagi pula dengan adanya aplikasi, memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk ikut juga memantaunya sehingga dapat mengurangi risiko kecurangan.

Itu dia beragam manfaat aplikasi mobile yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Bila Anda memanfaatkannya dengan benar dan untuk tujuan positif, keuntungannya pasti akan luar biasa. Sebaliknya, bila disalahgunakan pasti akan merugikan diri Anda sendiri. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan aplikasi mobile untuk membuat hidup Anda jadi lebih mudah.

Referensi:
Admin. 22 April 2019. What is The Importance of Mobile Applications in Everyday Life? Jugaari.com: http://bit.ly/2PxgCPA
Appiqo Technologies. 10 Januari 2017. Importance of Mobile Apps in The Daily Life of People. Medium.com: http://bit.ly/2PrVppW
ESignature Insights. Importance of Mobile Apps in Our Daily Life. esignature.com: http://bit.ly/34fcOrD

Share this Post