Bisnis

Solusi Tambahan Modal Usaha di Bulan Ramadhan

visibility 125

Tidak terasa, bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Bulan Ramadhan dinanti-nantikan oleh banyak orang dari berbagai kalangan di Indonesia. Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan pengampunan, sehingga perlu disambut dengan berbahagia. Ada juga nonmuslim yang menyukai suasana bulan Ramadhan yang penuh kebersamaan. Selain itu, bagi pelaku usaha, bulan Ramadhan menjadi peluang untuk meraup keuntungan.

Peluang bagi pelaku usaha di bulan Ramadhan

Berita baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, bulan Ramadhan dapat menjadi peluang untuk meraup untung karena masyarakat cenderung mengkonsumsi lebih banyak daripada biasanya. Hal ini dapat disebabkan oleh pola makan yang berubah, atmosfer religius dan tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan di bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan, masyarakat mengadakan buka puasa bersama dan mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi dan bervariasi. Selain itu, sebelum hari raya Lebaran, masyarakat juga menyiapkan busana Lebaran, berbagai macam alat elektronik dan juga kue Lebaran. Alhasil, permintaan terhadap berbagai jenis barang melonjak naik.

Pentingnya mendapatkan tambahan modal usaha

Untuk memenuhi permintaan tersebut, pelaku usaha perlu menyiapkan stok lebih. Namun, banyak pelaku usaha yang mulai pusing karena butuh modal lebih untuk menambah stok. Belum lagi untuk membayarkan THR pegawai. Padahal, tidak mudah untuk mendapatkan modal di waktu singkat, mengingat tidak sampai sebulan lagi akan menyambut bulan Ramadhan. Pinjaman bank akan memakan waktu yang lama, belum lagi persyaratannya yang mungkin tidak sesuai dengan profil usaha. Ingin meminjam uang ke saudara, tapi uang sudah dianggarkan untuk bulan Ramadhan dan Lebaran. Jika meminjam ke rentenir, bunganya tidak masuk akal. Saat tidak bisa mendapatkan pinjaman, pelaku usaha mulai dilema, bingung memilih peluang kenaikan omzet atau kesehatan finansial usaha. Nah, disinilah P2P lending dapat menjadi solusi untuk mendapatkan keduanya, baik omzet maupun kesehatan finansial usaha.

P2P Lending, solusi cepat mendapat tambahan modal di bulan Ramadhan

Untungnya, dalam beberapa tahun ke belakang, perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada pembiayaan mulai muncul di Indonesia. Melalui pemanfaatan teknologi, perusahaan tekfin memudahkan UKM mendapatkan akses pembiayaan, dengan syarat dan proses yang lebih mudah. Karena sudah dilakukan secara online, UKM dari seluruh Indonesia dapat mengajukan pinjaman dengan mudah dan cepat. Salah satu produk yang secara signifikan membantu UKM dalam mengakses pembiayaan adalah peer-to-peer lending (P2P lending).

P2P lending menghadirkan solusi penyediaan modal bagi pelaku UKM. P2P lending merupakan praktik meminjamkan dana ke suatu pihak (peers) tanpa melalui pihak Bank. Melalui marketplace, P2P lending menjembatani pihak yang memiliki kelebihan dana (lender) dan pihak yang kekurangan dana (borrower). Dengan begitu, P2P lending dapat mengatasi hambatan-hambatan saat meminjam di bank dan institusi lainnya. Peminjaman dana di P2P lending tidak memerlukan aset sebagai jaminan, prosesnya online dan pencairan dananya cepat. Berkat P2P lending, UKM bisa mendapatkan tambahan modal di bulan Ramadhan dengan cepat dan mudah.

Sebagai pionir marketplace lending platform, Investree bertujuan untuk menyediakan akses permodalan yang lebih cepat, mudah, dan transparan bagi pelaku UKM di Indonesia. Untuk mendukung tujuan tersebut, Investree bekerja sama dengan perusahaan payment gateway Midtrans melalui Midtrans Merchant Financing untuk menyediakan  akses pembiayaan kepada para pelaku UKM yang tergabung dalam ekosistem Midtrans. Partner Midtrans dapat mengajukan pinjaman hingga 2 miliar secara 100% online dengan proses yang mudah, serta memperoleh persetujuan dan pencairan yang cepat. Dengan Merchant Financing, partner Midtrans dapat menikmati kelonggaran pengembalian melalui skema cicilan yang fleksibel.  Ditambah lagi, partner Midtrans juga dapat memilih untuk mengajukan pinjaman dengan skema konvensional atau syariah. Yuk, siapkan bisnismu untuk bertumbuh dengan lebih berkah. Manfaatkan Merchant Financing untuk raup untung lebih di bulan Ramadhan!

Share this Post